conton Laporan magang

untuk  SMK yang Jurusan Multimedia......tapi untuk jurusan lain juga bisa kok,,,,,,,,,,,,,


LAPORAN
MAGANG DI KANTOR CAMAT TANTA KABUPATEN TABALONG
PADA BAGIAN KASI PEMERINTAHAN
 
MAGANG

 Diserahkan setelah Praktik uji Kompetesi Siswa
 
OLEH  :
    NIS  :



 

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
SMK DARUL ISTIQAMAH
TAHUN AJARAN 2010/2011




LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN MAGANG  DI KANTOR CAMAT TANTA
 KABUPATEN TABALONG
PADA BAGIAN  KASI PEMERINTAHAN

                                        Nama Siswa                    :
                                        NIS                                 :
                                        Program Keahlian           : Multimedia
                                        Semester                          :

Menyetujui :

         Pembimbing Sekolah                                   Pembimbing Dunia Kerja                                                
                                                                                                              
                IDRIANI                                                  YUHYI REZA,S.IP
                                                                             NIP- 19710407 199303 1 009

Mengetahui :

         Kepala SMK Darul Istiqamah                                CAMAT  TANTA,              
                
                                                                                    
             M. RULIYADI, S.Pd.i                                      ALFIAN,S.STP
                                                                                NIP- 19771012 199711 1 001


RIWAYAT HIDUP


            MAYA RISNATI, lahir  pada tanggal 13 Mei 1994 di Hantakan. Dengan jenis kelamin perempuan, golongan darah “ A” dan menganut agama islam. Merupakan putra dari Bapak H. Abdul Muhid, sebagai PNS dan Ibu Hj. Wartiah sebagai pekerja swasta.Beralamat di Jl.H. Hasan Basere No. 27 Kec.Hantakan RT. 4 RW. 3 Kab.HST,Kalsel.

Memulai pendidikan dari tingkat pendidikan dasar yaitu SDN Hantakan, kemudian melanjutkan ke tingkat menengah yaitu MTsN Pondok Pesantren Modern “ Darul Istiqamah” Barabai Kalimantan Selatan, kemudian melanjutkan ke SMK “ Darul Isriqamah “ Barabai Kalimantan Selatan.














KATA PENGANTAR
            Dengan mengucapkan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan taufik dan Hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan magang Tugas Akhir Siswa SMKN Darul Istiqamah Program Keahlian Teknologi Informatika tahun ajaran 2010/2011. Kegiatan Magang ini dilakukan di Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong yang dilaksanakan mulai dari bulan  Juli sampai  Oktober 2010.
            Penyusunan Magang ini dapat berjalan dengan lancar atas bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak, oleh sebab itu penulis tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasih  yang sedalam-dalamnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :
1.      Ayahanda dan Ibunda beserta keluarga yang tercinta yang telah membesarkan, mendidik dan memberikan segala dukungan yang terhingga baik moril maupun materi kepada penulis dalam penyelesaian penyusunan laporan magang.
2.      Bapak KH. Hasan Basuni, BA dan Ibu Hj. Siti Shalehah selaku pimpinan Pon-Pes Modern Darul Istiqamah..
3.      Bapak M. Ruliyadi, S.Pd.i selaku Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Darul Istiqamah Barabai
4.      Bapak Alfian, S.STP selaku Camat di Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong.
5.      Bapak Yuhyi Reza, S.IP selaku Kasubag umum dan kepegawaian dan selaku pembimbing di kantor, yang telah meluangkan waktu,btenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang ini




6.      Ustadz Idriani selaku Pembimbing di sekolah, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang ini dan yang telah memberikan petinjuk pengisian Buku Jurnal lewat modul-modul juga penjelasan, penguraian tentang BUKU JURNAL KEGIATAN SISWA PRAKTEK KERJA DUNIA USAHA           
7.      Bapak Sanip selaku Kasubag Pemerintahan, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang ini.
8.      Bapak Noor Aini selaku Pengadministrasian dan Perlengkapan, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang ini.
9.      Bapak Hermanto,S.Sos selaku Sekretaris Camat, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang ini.
10.  Ibu Siti Rahmaniah selaku Pengadministrasian Umum, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang ini.
11.  Bapak Berhad Selaku Kasubag Perencanaan dan Keuangan, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang ini.
12.  Bapak Soleh, SP selaku Pengadministrasian Umum, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang ini.
13.  Bapak Rony Saputra, S.STP selaku Peny. Bahan Eval Rencana dan Program, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang ini.
14.  Bapak Alman selaku Pelayanan Evaluasi dan Laporan, yang telah memberikan waktu, tenaga dan pikiran untk memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang ini.
15.  Bapak Supiani, S.Sos selaku Penyusunan Bahan Evaluasi Rencana dan Program, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang ini.
16.  Bapak Handi Yanuardi, S.IP selaku Fungsional Umum, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang ini.
17.  Bapak H. Darsani,A.Md selaku Kasi Pembangunan, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang ini.
18.  Ibu Lita Ernawati selaku SIAK ( System Informasi Administrasi Kependudukan), yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan, ilmu, pengrahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang ini.
19.  Ibu Dra. Harniah selaku Kasi Kesra (Kesejahteraan Rakyat), yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang ini.
20.  Ibu Haryati sealaku Pengadministrasian Umum, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang ini.
21.  Ibu Nur Ratna Kusuma Dewi, A.Md selaku Calon Verifikator Keuangan, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberiakan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang ini.
22.  Ibu E.Sri Sundari selaku Petugas Kebersihan, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang ini.
23.  Ibu Suswati selaku Sekrataris Desa Tanta Hulu, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang ini.
24.  Seluruh Kepala Desa Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang ini.
25.  Seluruh Dewan Guru SMK Darul Istiqamah, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang ini.
26.  Ustadz Abdi Khairil Mihan, terima kasih untuk bimbingan, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar dan atas contoh laporan magangnya sehingga mempermudah dalam penulisan laporan magang ini.
27.  Bapak Antung Hormansyah S.Pd.i, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulis untuk mencari penempatan magang.
28.  Seluruh teman-teman jurusan Multimedia tahun ajaran 2010/2011


29.  Seluruh santri di asrama Pon-Pes Darul Istiqamah, terima kasih atas dukungannya.
30.  Dan semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan penyusunan magang ini.

              Dalam menyusun laporan ini, penulis sadar bahwa masih banyak kekurangan yang masih perlu disempurnakan. Oleh karna itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan laporan magang ini menuju kearah yang lebih sempurna.
              Akhirnya penulis berharap laporan kegiatan magang ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


Barabai, 03 Oktober 2010

                                                                                                                                                Penulis












DAFTAR ISI
Lembar Pengesahan............................................................................................ i
Riwayat Hidup.................................................................................................... ii
Kata Pengantar.................................................................................................... iii
Daftar Isi............................................................................................................. vii
BAB I             PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang...................................................................... 1
1.2  Tujuan Magang...................................................................... 1
1.3  Tujuan Pembuatan Laporan................................................... 2
1.4  Sejarah Singkat Perusahaan................................................... 2
1.5  Penempatan Selama Magang................................................. 3

BAB II          TEMPAT MAGANG
2.1 Pekerjaan di Tempat Magang................................................ 5
2.2 Faktor Pendukung ................................................................ 5
2.3 Faktor Penghambat............................................................... 6
BAB III          TEMUAN
3.1 Manfaat yang dirasakan........................................................ 7
3.2 Pengembangan/Tindak Lanjut............................................... 7
BAB IV          PENUTUP
4.1 Kesimpulan............................................................................ 8
4.2 Saran-saran............................................................................ 8
Lampiran-Lampiran
5.1 RekapitulasiKegiatan…………………………………….11
                       5.2 Foto………………………………………………………22










LAMPIRAN-LAMPIRAN


BAB 1
PENDAHULUAN
1.1                    Latar Belakang
                  Dalam rangka menyongsong era globalisasi, pengetahuan dan keterampilan para tenaga kerja perlu ditingkatkan  dan dikembangkan agar memenuhi tuntunan pengembangan serta perkembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi yang akan datang dan menjadi Prioritas didalam yaitu peningkatan SDM.

                  Untuk memenuhi tuntunan tersebut di Sekolah Menengah Kejuruan Darul Istiqamah Barabai melaksanakan salah satu program berupa Pendidikan Sistem Ganda ( PSG ) dalam bentuk Prakltek Industri ( Magang ) bagi siswa didik untuk memantapkan kemampuan peserta, kami diterjunkan untuk mengikuti latihan ditempat kerja atau Magang, agar peserta latihan mendapat ilmu dan pengalaman bekerja sebagaimana karyawan/karyawati yang bekerja pada Perusahaan/Instansi.
                  Tahun 2010 SMK Darul Istiqamah kembali menyelenggarakan magang siswa yang dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2010 sampai dengan 3 Oktober 2010.

1.2          Tujuan Magang
               Tujuan dari pelaksanaan Magang antara lain :
a.       Untuk menyelesaikan program pelatihan atau kursus dan mendapatkan  Sertifikat Kelulusan yang diberikan oleh Sekolah Menengah Kejuruan kelas jauh Darul Istiqamah Barabai.
b.      Mendapatkan pengalaman kerja
c.       Menerapakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di Sekolah Menegnah Kejuruan.
d.      Mengembangkan dan memantapkan sikap PROFESIONAL serta memperluas pengetahuan sebagai bekal masuk dunia  kerja.
e.       Memberikan pengalaman kepada penulis dalam menghadapi permasalahan yang ada di dunia kerja sebagai pelatihan dan dorongan agar saya dapat bersikap lebih teliti dalam mencari pemecahan yang baik.
1.3          Tujuan Pembuatan Laporan
a. Mengumpulkan data-data guna kepentingan pribadi dan Sekolah Menengah   Kejuruan.
b. Penulis mampu memahami, mengembangkan dan menerapkan hasil laporan.
c. Sebagai dokumen pribadi, apabila suatu saat diperlukan.
d.Menambah pembendaharaan Sekolah Menengah Kejuruan, guna menunjang pengetahuan peserta pelatihan atau kursus berikutnya.

1.4         Sejarah Singkat Kantor Camat
              Pada Tahun 1992 Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong Wilayah Kalimantan Selatan, yang bertempat di Jalan Pembangunan 01 RT 03 Desa Tanta, merupakan sebuah Kecamatan yang awalnya terdiri dari 23 Desa. Maka pada Tahun 1994 diadakannya regrouping atau perampingan Desa oleh Pihak Kecamatan, sehingga Kecamatan Tanta terdiri dari menjadi 14 Desa hingga sekarang.

       Adapun 14 Desa tersebut adalah :

1.      Tanta
2.      Tanta Hulu
3.      Mangkusip
4.      Luk Bayur
5.      Padangin
6.      Walangkir
7.      Pulau Ku’u
8.      Tamiyang
9.      Padang Panjang
10.  Mueung Baru
11.  Warukin
12.  Barimbun
13.  Puain Kanan
14.  Pamarangan Kanan
                    Adapun luas Wilayah Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, adalah ±172,10 km persegi, dan jumlah Seluruh Rukun Tetangga terdiri dari 77 Rukun Tetangga, dan jumlah Penduduk  8.126 orang dan jumlah seluruh penduduk perempuan  8.138 orang, maka jumlah seluruh penduduk yang terdapat di kecamatan tanta jumlahnya 16.264 orang.
                    Adapun  jumlah seluruh sekolah yang terdapat di wilayah Kecamatan Tanta, jumlahnya sekitar 41 sekolah, dan jumlah Mesjid, Langgar dan Gereja yang terdapat di Kecamatan Tanta jumlahnya sekitar 66, terdiri dari 21 Mesjid, 40 Langgar dan 5 Gereja.
                    Adapun Struktur atau Susunan Unit atau Bagian yang terdapat di Kanto Camat Tanta Kabupaten Tabalong, terdiri dari CAMAT sebagai Atasan, SEKCAM sebagai Sekretaris Camat, KASI PEMERINTAHAN yang bertanggung jawab dalam Pemerintahan dan Perkembangan Desa, KASI PEMBANGUNAN yang bertanggung jawab dalam Pembangunan dalam wilayah Kecamatan Tanta, KASI TRANTIB yang bertanggung jawab  dalam Keamanan Desa, KASI KESRA yang bertanggung jawab dalam Kesejahteraan Rakyat, KASI KEUANGAN yang bertanggung jawab dalam Pengaturan Keuangan, dan KASI UMUM atau KEPEGAWAIAN yang mengatur Administrasi Kepegawaian dan Umum.

                  Jadi Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong sampai sekarang terdiri dari 14 desa.
  
1.5       Penempatan Selama Magang

                     Dalam melaksanakan suatu tugas, kita harus teliti dan lebih berhati-hati agar   apa yang kita kerjakan dapat selesai sesuai harapan. Penulis melaksanakan magang di Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong 2 bulan 10 hari kalender, yaitu terlaksana dari tanggal 26 Juli 2010 s/d 3 Oktober 2010. 
      
                     Selama penulis melaksanakan magang, penulis banyak sekali mendapat pengalaman yang baru dan penulis dapat melaksanakan teori yang diajarkan saat di sekolah dengan mempraktekan dari tugas-tugas yang penulis dapatkan dari Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong, khususnya di bagian pemerintahan.





                     Adapun beberapa aktivitas yang penulis kerjakan selama melakukan Praktek Kerja Lapangan antara lain :

1.      Mengetik nama-nama Aparat Desa Tanta, dan mengurutkannya sesuai strukturnya, yang mana strukturnya itu terdiri dari, Kepala Desa, Sekretaris Desa (SEKDES),Kasi Pemerintahan, Kasi Pembangunan, Kasi Kesra, Kaur Umum dan Kaur Keuangan.
2.      Menulis Mengetik Inventaris Barang, yang mana di dalamnya terdapat Jenis barang yang dibeli, Jumlah barang, Harga satuan dan Harga jumlah.
3.      Membuat Laporan Harian dan Bulanan Camat, Kasubag Umum dan Kasuabg Keuangan pada Microsoft Office Excel.
4.      Mengetik Daftar Pengadaan Barang (Belanja dan Barang Pakai Habis) pada Microsoft Office Excel.
5.      Mengregester Akte Kelahiran yang ada di Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, pada bagian Pemerintahan.
6.      Mengetik Surat Pengantar Rukun Tetangga I,II,III,IV, dan V pada Microsoft Office Word.
7.      Mengetik Laporan Triwulan Tentang : Penerimaan dan Pengeluaran Barang (Pakai Habis) Triwulan I dan II, pada Microsoft Office Excel.
8.      Mengetik Daftar Pengadaan Barang (Belanja Dan Brang Pakai Habis) Semester I (Satu).













BAB II
TEMPAT MAGANG

2.1       Pekerjaan di Tempat Magang

            Tugas Bagian Pemerintahan Pada Camat Tanta Kecamatan Tabalong :
           
a.       Membidangi masalah Desa
b.      Memberi pelayanan kepada Masyarakat tentang masalah KTP.
c.       Memberikan pelayanan kepada Masyarakat tentang masalah Akte Kelahiran.
d.      Memberikan pelayanan kepada Masyrakat tentang masalah Akte Kematian.
e.       Memberikan pelayanan kepada Masyarakat tentang masalah Akte Perpindahan Penduduk.
f.       Monituring atau mengontrol masalah Desa.
g.      Perencanaan pembuatan PT-APD (Penghasilan Tetap-Aparat Pemerintahan Desa).
h.      Membuat rancangan pembuatan peraturan Desa (PERDES)
i.        Membuat rancangan keuangan Desa
j.        Membuat rancangan pembuatan dana ADD (Anggaran Dana Desa)
k.      Membuat SPJ (Surat Pertanggung Jawaban Keuangan)

Faktor Pendukung dan Penghambat

*      Faktor pendukung yang penulis dapatkan selama magang adalah sebagai berikut :
a)      Adanya bahan dan alat yang dibutuhkan.
b)      Adanya guru pembimbing yang ramah dan baik, yang siap membimbing juga menjelaskan apa-apa yang belum diketahui oleh siswa yang melaksanakan magang.
c)      Terciptanya rasa kekeluargaan yang harmonis antara karyawan karena kerjasama yang baik.
d)     Adanya fasilitas tambahan untuk menenangkan pikiran apabila karyawan telah selesai melaksanakan tugasnya masing-masing.
e)      Adanya pencahayaan yang baik untuk mata yang mana cahaya tersebut tidak membuat mata silau ataupun kabur, sehingga sangat mendukung dalam pelaksanaan tugas.
           
*     Dan tentang factor penghambat bagi penulis adalah :

a)      Pada awal magang penulis mengalami kesulitan, karena kurang memahami tata cara Mengregester Akte Kelahiran.
b)      Pertama ada rasa canggung yang dirasakan oleh penulis di kantor, karena penulis harus terlebih dahulu mengenali orang-orang baru di sekitarnya dan beradaptasi dengan lingkungan kantor.

     


           


























BAB III

TEMUAN
3.1         Manfaat Yang dirasakan

            Selama magang tugas akhir ini, ada beberapa manfaat yang dirasakan oleh    penulis, yaitu :

1.      Adanya pengetahuan  baru yang didapat ketika melakukan proses pekerjaan di Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong Wilayah Kalimantan Selatan.
2.      Dapat merasakan  bagaimana suasana kerja di kantor yang sebenarnya, sehingga dapat menjadi cikal bekal bagi penulis kelak
3.      Kerjasama yang baik dalam suatu pekerjaan dapat membuat pekerjaan yang sulit akan menjadi terasa ringan dan lebih mudah dikerjakan.
4.      Adanya semangat pada diri masing-masing karyawan dalam bekerja, sehingga memotivasi penulis untuk lebih semangat dalam meraih cita-cita
5.      Kedisiplinan dan ketaatan pada aturan kantor dapat memupuk karakteristik penulis untuk menjadi orang yang bisa menghargai waktu.


3.2         Pengembangan / Tindak Lanjut
                     Setelah menjalani secara langsung terjun ke dunia kantor, siswa harus membuat laporan pelaksanaan magang sebagai pertanggung jawaban yang telah ditetapkan.

                    Sebagai tindak dari pelaksanaan magang, maka penulis berusaha memaksimalkan tulisan pelaksanaan magang agar siswa Praktek Kerja Lapangan selanjutnya dapat mengambil pelajaran dari pengalaman penulis.







BAB IV
PENUTUP

4.1       Kesimpulan
                     Dalam penyajian Bab terakhir ini penulis mengambil beberapa kesimpulan yaitu :
                    
a.       Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong Wilayah Kalimantan Selatan, merupakan sebuah kecamatan yang awalnya terdiri dari 23 desa, setelah diadakannya regrouping atau perampingan desa, sehingga kecamatan Tanta terdiri menjadi 14 desa.
b.      Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong Wilayah Kalimantan Selatan, yang bertempat di jalan Pembangunan nomor 01 RT 3 Tanta.
c.       Dapat mengetahui tugas-tugas atau pekerjaan di Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong khususnya pada bagian Pemerintahan seperti mengregester akte, mengregester KTP dan Kegiatan yang ada hubunganya dengan masyarakat desa.
d.      Mengetahui sejarah singkat mengenai Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong Wilayah Kalimantan Selatan.

4.2         Saran-saran
              Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong

                     Berdasarkan praktek kerja lapangan, penulis ingin memberikan beberapa saran yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong dalam menjalankan tugas dan kewajiban selaku penyedia sumber tenaga listrik yakni sebagai berikut :

*     Penulis berharap agar Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong, menjadwalkan penggantian hardware dan software computer dengan yang lebih bermuto, sebaiknya kalau memungkinkan mengupgrade software dan mengupdate antivirus yang handal secara berkala supaya lebih mempercepat proses pekerjaan.
*     Sebaiknya Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong lebih meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat terutama Masyarakat lama dalam upaya menjaga hubungan baik terhadap Masyrakat  tersebut.
*     Penulis mengharapkan dengan adanya hubungn baik antara Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong dengan SMK Darul Istiqamah Barabai agar dapat memudahkan Praktek Kerja Lapangan untuk siswa akan datang.

              SMK Darul Istiqamah Barabai

                     Dalam hasil praktek kerja lapangn ini dapat penulis kemukakan saran untuk  SMK  Darul Istiqamah Barabai sebagi berikut :

*     Sebaiknya SMK Darul Istiqamah Barabai menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan atau instansi tertentu sehingga dapat memudahkan siswa didiknya dalam mencari tempat untuk Praktek Kerja Lapangan (PKL), khususnya pada  jurusan Multimedia.
*     Sebaiknya siswa diberi waktu tambahan pelajaran komputer dan lebih diawasi oleh guru pembimbing, agar siswa benar-benar fokus terhadap hal yang dipelajari.
*     Akan lebih baik jikalau SMK Darul Istiqamah Barabai memilihkan tempat untuk magang atau memberitahu tentang perusahaan atau instansi mana yang cocok untuk jurusan Multimedia.
*     Sebaiknya sebelum melaksanakan Praktek Kerja Lapangan para sisiwa terlebih dulu diberikan Pembekalan Praktek agar siswa lebih mengetahui apa sebenarnya Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau Magang.
*     Akan lebih baik apabila tenaga pengajar dalam bidang pelajaran KKPI dan Produktif ditambah, agar komunikasi antara pengajar dan siswa tidak merasa jenuh karena cara penyampaian pembelajaran tentu berbeda.
*        Pada masa sekarang ini Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi sudah sangat pesat jadi alangkah lebih baik jika sarana dan prasarana praktek atau pelatihan agar lebih diperhatikan. Karena faktor tersebut sangat berpengaruh dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan serta memantapkan kemampuan peserta Magang.
*     Dengan fasilitas komputer yang baru ini penulis berharap kepada seluruh pemakaian supaya lebih menjaga fasilitas tersebut.
             
               










































REKAPITUALASI KEGIATAN SISIWA PRAKTEK
            NAMA                            : MAYA RISNATI
            NIS                                  :
            TEMPAT PRAKTEK     : Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong
            BAGIAN/UNIT             :  Kasi Pemerintahan

Catatan Kegiatan Siswa :
No.
Hari/Tanggal
Bagian/Unit
Uraian
Paraf
1.
Senin,
26 Juli 2010
Kasi Pemerintahan
»        Perkenalan dengan seluruh Staf Karyawan/ti Kantor Camat Tanta.
»        Pengarahan dari Camat Tanta.
»        Pengarahan dari Kasi Pemerintahan.
»        Mengarsip Akte Kelahiran.
»        Mengregester Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.
»        Mengetik Data Aparat Pemerintahan Desa Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, pada Microsoft Office Excel.

2.
Selasa,
27  Juli 2010
Kasi Pemerintahan
»        Mengetik Data Aparat Pemerintahan Desa Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, pada Microsoft Office Excel. 

3.
Rabu,
28 Juli 2010
Kasi Pemerintahan
»        Mengetik Keterangan Surat Waris, Microsoft office Word.
»        Memprint Keterangan Surat Waris.
»        Mengetik Data Aparat Pemerintahan Desa Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, pada Microsoft Office Excel. 
»        Memprint Data Aparat pemerintahan Desa Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong.
»        Menyusun Data Aparat Pemerintahan Desa Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong.

4.
Kamis,
29 Juli 2010
Kasi Pemerintahan
»        Penyelesaian Pengetikan Data Aparat Pemerintahan Desa Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, padda Microsoft Office Excel.
»        Meregester Akte Kelahiran Kecamatan Tanta

5.
Jum’at,
30 Juli 2010
Kasi Pemerintahan
»        Mengregester KTP


6.
Sabtu,
31 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Libur

7.
Minggu
01 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Libur

8.
Senin,
02 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengikuti Apel di Kecamatan Tanta.
»     Mengregester KTP.

9.
Selasa,
03 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Izin


10.

Rabu,
04 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Izin

11.
Kamis,
05 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Izin

12.
Jum’at
06 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Gotong Royong

13.
Sabtu,
07 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Libur



14.

Minggu,
08 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Libur


15.
Senin,
09 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengikuti Apel di Kecamatan Tanta
»     Mengetik SKPD Kecamatan Tanta, pada Microsoft Office Excel.
»     Memprint SKPD Kecamatan Tanta.

16.
Selasa,
10 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengetik Inventaris Barang, pada Microsoft Office Excel.
»     Mengregester Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.

17.
Rabu,
11 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Memperbaiki Data Aparat Pemerintahan Desa Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, pada Microsoft Office Excel.
»     Mencatat Rekapitulasi Buku Inventaris Barang.

18.
Kamis,
12 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengetik Kartu Inventaris Barang (KIB), pada Microsoft Office Excel.
»     Mengregester Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.

19.
Jum’at,
13 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Penyelesaian Pengetikan Kartu Inventaris Barang (KIB), pada Microsoft Office Excel.
»     Mengregester Akte Kelahiran Kecamatan.

20.
Sabtu,
14 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Libur

21.
Minggu,
15 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Libur

22.
Senin,
16 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengikuti Apel di Kecamatan Tanta.
»     Mengregester Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.
»     Mengetik Daftar Pengadaan Barang (Belanja dan Barang Pakai Habis) Semester I pada Microsoft Office.

23.
Selasa,
17 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Libur 17 Agustus

24.
Rabu,
18 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengregester Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.

25.
Kamis,
19 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Izin

26.
Jum’at,
20 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Izin

27.
Sabtu,
21 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Libur

28.
Minggu,
22 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Libur

29.
Senin,
23 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengregester Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.
»     Memprint SKPD Kecamatan Tanta.
»     Memprint Data Aparat Pemerintahan Desa Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong.
»     Memprint Daftar Pengadaan Barang (Belanja dan Barang Pakai Habis) Semester I (Satu).

30.
Selasa,
24 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengregester Akte Kelahiran Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong.
»     Mengregester KTP.

31.
Rabu,
25 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengregester Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.
»     Memprint Kartu Inventaris Barang (KIB).
»     Mengetik Rencana Anggaran Belanja  (RAB), pada Microsoft Office Excel.

32.
Kamis,
26 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Memprint Kartu Inventaris Barang (KIB).
»     Mengetik Surat Pernyataan, pada Microsoft Ofice Word.
»     Mengetik Rencana Anggaran Belanja  (RAB), pada Microsoft Office Excel.

33.
Jum’at,
27 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengregester Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.
»     Mengetik Surat Keterangan Catatan Kepolisian, pada Microsoft Office Word.
»     Memprint Daftar Pengadaan Barang (Belanja dan Barang Pakai Habis) Semester I (Satu).

34.
Sabtu,
28 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Libur

35.
Minggu,
29 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Libur



36.
Senin,
30 Agustus 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengetik Despensi Nikah, pada Microsoft Office word.
»     Mengetik Surat Keputusan Kepala Desa , pada Micosoft Office Word.

37.
Selasa,
31 September 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengetik Lapran Triwulan Tentang : Penerimaan da Pengeluaran Barang (Pakai Habis) Triwulan I dan II, pada Microsoft Office Excel.
»     Mengetik Kartu TIK, pada Microsoft Office Excel.
»     Mengetik Rencana Anggaran Belanja  (RAB), pada Microsoft Office Excel.

38.
Rabu,
01 September 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengetik Daftar Tanda Tunjangan BPD Desa, pada Microsoft Office Excel.
»     Memprint Daftar Tanda Tunjangan BPD Desa.

39.
Kamis,
02 September 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengetik Daftar Pengadaan Barang (Belanja dan Barang Pakai Habis) Semester I pada Microsoft Office.
»     Memprint Daftar Pengadaan Barang (Belanja dan Barang Pakai Habis) Semester I (Satu).
»     Mengetik  Laporan Alat-Alat Rumah Tangga,pada Microsoft Office Excel.

40.
Jum’at,
03 September 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengetik Lapran Triwulan Tentang : Penerimaan da Pengeluaran Barang (Pakai Habis) Triwulan I dan II, pada Microsoft Office Excel.
»     Memprint Laporan Triwulan Tentang : Penerimaan dan Pengeluaran Barang (Pakai Habis) Triwulan I dan II.
»     Mengregester Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.

41.
Sabtu,
04 September 2010
Kasi Pemerintahan
»     Libur

42.
Minggu,
05 September 2010
Kasi Pemerintahan
»     Libur



43.
Senin,
06 September 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengetik Laporan Kependudukan Kecamatan Tanta, pada Microsoft Office Excel.
»     Mengetik Surat Pengantar Rukun Tetangga I,II,III,IV dan V, pada Microsoft Office Word.
»     Memprint  Surat Pengantar Rukun Tetangga I,II,III,IV dan V.

44.
Selasa-Rabu
07-15 september 2010
Kasi Pemerintahan
»     Libur Ramadhan



45.
Rabu,
15 September 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengetik Laporan Harian dan Bulanan Camat Tanta, pada Microsoft office Excel.

46.
Kamis,
16 September 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengetik Laporan Kartu Inventaris Ruangan (KIR), pada Microsoft Office Excel.

47.
Jum’at,
17 September 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengetik Laporan Harian dan Bulanan Kasubag Umum/Kepegawaian da Kasubag Keuangan, pada Microsoft Office Excel.

48.
Sabtu,
18 September 2010
Kasi Pemerintahan
»     Libur

49.
Minggu,
19 September 2010
Kasi Pemerintahan
»     Libur

50.
Senin,
20 September 2010
Kasi Pemerintahan
»     Pengarahan dari Kasi Pembangunan Tentang Sejarah Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong.
»     Memprint Laporan Harian dan Bulanan Kasubag Umum/Kepegawaian da Kasubag Keuangan.

51.
Selasa,
21 September 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengetik Laporan Kartu Inventaris Barang (KIB), pada Microsoft Office Excel.

52.
Rabu,
22 September 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengetik Laporan Kartu Inventaris Ruangan (KIR), pada Microsoft Office Excel.
»     Mengetik Laporan Kartu Inventaris Barang (KIB), pada Microsoft Office Excel.
»     Memprint Laporan Kartu Inventaris Ruangan (KIR).
»     Memprint Laporan Kartu Inventaris Barang (KIB).

53.
Kamis,
23 September 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengregester Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.
»     Memotocopy Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
»     Memotocopy Laporan Alat-Alat Tulis/Kelontongan da Alat-Alat Olahraga.
»     Mengetik Laporan Bulanan Camat Tanta, pada Microsoft Office Excel.

54.
Jum’at,
24 September 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengetik Laporan Bulanan Camat Tanta, pada Microsoft Office Word.
»     Memprint Laporan Bulanan Camat Tanta.

55.
Sabtu,
25 September 2010
Kasi Pemerintahan
»     Libur

56.
Minggu,
26 September 2010
Kasi Pemerintahan
»     Libur


57.
Senin,
27 September 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengetik Laporan Bulanan Camat Tanta, pada Microsoft Office Word.

»     Mengetik  Foto Fisik Jalan Perkebunan Desa Tanta, pada Microsoft Office Word.
»     Mengetik Foto Fisik Rencana Pembangunan Kantor Kepala Desa Tanta (Kecamatan Tanta), pada Microsoft Office Word.
»     Mengetik Surat Perintah Tugas Kepala Desa Pulau Ku’u, pada Microsoft Office Word.
»     Mengregester Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.
»     Membuat Coper Permohonan Perkerasan Jalan Perkebunan, pada Microsoft Office Word.
»     Memprint Coper Permohonan Peerkerasan Jalan Perkebunan.
»     Memprint Surat Perintah Tugas Kepala Desa Pulau Ku’u.
»     Memprint Foto Fisik Jalan Perkebunan Desa Tanta dan Foto Fisik Rencana Pembangunan Kantor Kepala Desa Tanta (Kecamatan Tanta).
»     Mengetik Surat Perintah Tugas Kepala Desa Tamiyang.
»     Memprint Laporan Bulanan Camat Tanta.
»     Mengetik Surat Keterangan Permohonan  Membuka Rekening Bank, pada Microsoft Office Word.
»     Memprint Surat Keterangan Permohonan  Membuka Rekening Bank.
»     Memprint Surat Tugas Kepala Desa Tamiyang.

58.
Selasa,
28 September 2010
Kasi Pemerintahan
»     Mengetik Surat Permohonan Perkerasan Jalan Keperkebunan, pada Microsoft Office Word.
»     Memprint Surat Permohonan Perkerasan Jalan Keperkebunan

59.
Rabu,
29 September 2010
Kasi Pemerintahan
»     Meregester Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.
»     Mengetik Laporan Perjalanan Dinas, pada Microsoft Office Word.
»     Memprint Laporan Perjalanan Dinas.

60.
Kamis,
30 September 2010
Kasi Pemerintahan
»     Membuat Coper Proposal Jembatan Baru, pada Microsoft Office Word.
»     Memprint Coper Proposal Jembatan Baru, pada Microsoft Office Word.
»     Memprint Laporan Permohonan Pembuatan Jembatan.
»     Mengetik Laporan Kependudukan Kecamatan Tanta Bulan Juli dan Agustus 2010, pada Microsoft Office Excel.
»     Memprint Laporan Kependudukan Kecamatan Tanta Bulan Juli dan Agustus 2010.

61.
Jum’at,
01 Oktober 2010
Kasi Pemerintahan
»     Meregester Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.
»     Mengetik Rekomondasi PT.PLN, pada Microsoft Office Word.
»     Memprint Rekomondasi PT.PLN.
»     Mengetik Laporan Kependudukan Kecamatan Tanta Bulan September, pada Microsoft Office Excel.
»     Memprint Laporan Kependudukan Kecamatan Tanta Bulan September


62.
Sabtu,
02 Oktober 2010
Kasi Pemerintahan
»     Libur.

63.
Minggu,
03 Oktober 2010
Kasi Pemerintahan
»     Libur.





           Mengetahui,                                                                           Siswa Peserta Praktek
Pembimbing Dunia Usaha



     YUHYI REZA,S.IP                                                                     MAYA RISNATI



















                                                                                                                                    





FOTO - FOTO


















Add caption































































                                                                                                         





















































































                                                                                                 




















RUANGAN KANTOR
 CAMAT TANTA









KANTIN DI
 KANTOR CAMAT TANTA











EXTRA KULIKULER
DI MTs RAUDLAH
KECAMATAN TANTA








Komentar

Postingan populer dari blog ini

All About Jang Wooyoung........