conton Laporan magang
untuk SMK yang Jurusan Multimedia......tapi untuk jurusan lain juga bisa kok,,,,,,,,,,,,,
LAPORAN
MAGANG
DI KANTOR CAMAT TANTA KABUPATEN TABALONG
PADA
BAGIAN KASI PEMERINTAHAN
MAGANG
Diserahkan setelah Praktik uji Kompetesi Siswa
OLEH :
NIS :
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN HULU
SUNGAI TENGAH
SMK DARUL ISTIQAMAH
TAHUN AJARAN 2010/2011
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN MAGANG DI KANTOR CAMAT TANTA
KABUPATEN TABALONG
PADA BAGIAN KASI PEMERINTAHAN
Nama
Siswa :
NIS :
Program
Keahlian : Multimedia
Semester :
Menyetujui
:
Pembimbing Sekolah Pembimbing Dunia
Kerja
IDRIANI YUHYI REZA,S.IP
NIP- 19710407 199303 1 009
Mengetahui
:
Kepala SMK Darul Istiqamah CAMAT TANTA,
M. RULIYADI, S.Pd.i ALFIAN,S.STP
NIP- 19771012 199711 1 001
RIWAYAT HIDUP
MAYA
RISNATI, lahir pada tanggal 13 Mei 1994
di Hantakan. Dengan jenis kelamin perempuan, golongan darah “ A” dan menganut
agama islam. Merupakan putra dari Bapak H. Abdul Muhid, sebagai PNS dan Ibu Hj.
Wartiah sebagai pekerja swasta.Beralamat di Jl.H. Hasan Basere No. 27
Kec.Hantakan RT. 4 RW. 3 Kab.HST,Kalsel.
Memulai
pendidikan dari tingkat pendidikan dasar yaitu SDN Hantakan, kemudian
melanjutkan ke tingkat menengah yaitu MTsN Pondok Pesantren Modern “ Darul
Istiqamah” Barabai Kalimantan Selatan, kemudian melanjutkan ke SMK “ Darul
Isriqamah “ Barabai Kalimantan Selatan.
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan syukur kepada
Allah SWT yang telah memberikan taufik dan Hidayah-Nya, sehingga penulis dapat
menyelesaikan penyusunan laporan magang Tugas Akhir Siswa SMKN Darul Istiqamah
Program Keahlian Teknologi Informatika tahun ajaran 2010/2011. Kegiatan Magang
ini dilakukan di Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong yang dilaksanakan mulai
dari bulan Juli sampai Oktober 2010.
Penyusunan Magang ini dapat berjalan
dengan lancar atas bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak, oleh sebab itu
penulis tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya dan penghargaan yang
setinggi-tingginya kepada :
1.
Ayahanda dan Ibunda beserta keluarga
yang tercinta yang telah membesarkan, mendidik dan memberikan segala dukungan
yang terhingga baik moril maupun materi kepada penulis dalam penyelesaian
penyusunan laporan magang.
2.
Bapak KH. Hasan Basuni, BA dan Ibu Hj.
Siti Shalehah selaku pimpinan Pon-Pes Modern Darul Istiqamah..
3.
Bapak M. Ruliyadi, S.Pd.i selaku Kepala
Sekolah Menengah Kejuruan Darul Istiqamah Barabai
4.
Bapak Alfian, S.STP selaku Camat di
Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong.
5.
Bapak Yuhyi Reza, S.IP selaku Kasubag
umum dan kepegawaian dan selaku pembimbing di kantor, yang telah meluangkan
waktu,btenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta
nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang ini
6.
Ustadz Idriani selaku Pembimbing di
sekolah, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan
bimbingan ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan
laporan magang ini dan yang telah memberikan petinjuk pengisian Buku Jurnal
lewat modul-modul juga penjelasan, penguraian tentang BUKU JURNAL KEGIATAN SISWA
PRAKTEK KERJA DUNIA USAHA
7.
Bapak Sanip selaku Kasubag Pemerintahan,
yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan,
ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang
ini.
8.
Bapak Noor Aini selaku
Pengadministrasian dan Perlengkapan, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan
pikiran untuk memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang
besar bagi penulisan laporan magang ini.
9.
Bapak Hermanto,S.Sos selaku Sekretaris
Camat, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan
bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan
laporan magang ini.
10.
Ibu Siti Rahmaniah selaku
Pengadministrasian Umum, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk
memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi
penulisan laporan magang ini.
11.
Bapak Berhad Selaku Kasubag Perencanaan
dan Keuangan, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan
bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan
laporan magang ini.
12.
Bapak Soleh, SP selaku
Pengadministrasian Umum, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk
memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi
penulisan laporan magang ini.
13.
Bapak Rony Saputra, S.STP selaku Peny.
Bahan Eval Rencana dan Program, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran
untuk memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar
bagi penulisan laporan magang ini.
14.
Bapak Alman selaku Pelayanan Evaluasi
dan Laporan, yang telah memberikan waktu, tenaga dan pikiran untk memberikan
bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan
laporan magang ini.
15.
Bapak Supiani, S.Sos selaku Penyusunan Bahan
Evaluasi Rencana dan Program, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran
untuk memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar
bagi penulisan laporan magang ini.
16.
Bapak Handi Yanuardi, S.IP selaku
Fungsional Umum, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk
memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi
penulisan laporan magang ini.
17.
Bapak H. Darsani,A.Md selaku Kasi
Pembangunan, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan
bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan
laporan magang ini.
18.
Ibu Lita Ernawati selaku SIAK ( System
Informasi Administrasi Kependudukan), yang telah meluangkan waktu, tenaga dan
pikiran untuk memberikan bimbingan, ilmu, pengrahan serta nasehat-nasehat yang
besar bagi penulisan laporan magang ini.
19.
Ibu Dra. Harniah selaku Kasi Kesra
(Kesejahteraan Rakyat), yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk
memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi
penulisan laporan magang ini.
20.
Ibu Haryati sealaku Pengadministrasian
Umum, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan
bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan
laporan magang ini.
21.
Ibu Nur Ratna Kusuma Dewi, A.Md selaku
Calon Verifikator Keuangan, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran
untuk memberiakan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi
penulisan laporan magang ini.
22.
Ibu E.Sri Sundari selaku Petugas
Kebersihan, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan
bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan
laporan magang ini.
23.
Ibu Suswati selaku Sekrataris Desa Tanta
Hulu, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan
bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan
laporan magang ini.
24.
Seluruh Kepala Desa Kecamatan Tanta
Kabupaten Tabalong, yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk
memberikan bimbingan, ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi
penulisan laporan magang ini.
25.
Seluruh Dewan Guru SMK Darul Istiqamah,
yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan
ilmu, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulisan laporan magang
ini.
26.
Ustadz Abdi Khairil Mihan, terima kasih
untuk bimbingan, pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar dan atas contoh
laporan magangnya sehingga mempermudah dalam penulisan laporan magang ini.
27.
Bapak Antung Hormansyah S.Pd.i, yang
telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan bimbingan ilmu,
pengarahan serta nasehat-nasehat yang besar bagi penulis untuk mencari
penempatan magang.
28.
Seluruh teman-teman jurusan Multimedia
tahun ajaran 2010/2011
29.
Seluruh santri di asrama Pon-Pes Darul
Istiqamah, terima kasih atas dukungannya.
30.
Dan semua pihak yang telah membantu
dalam menyelesaikan penyusunan magang ini.
Dalam menyusun laporan ini,
penulis sadar bahwa masih banyak kekurangan yang masih perlu disempurnakan.
Oleh karna itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun
demi perbaikan laporan magang ini menuju kearah yang lebih sempurna.
Akhirnya penulis berharap laporan
kegiatan magang ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Barabai,
03 Oktober 2010
Penulis
DAFTAR
ISI
Lembar
Pengesahan............................................................................................ i
Riwayat
Hidup.................................................................................................... ii
Kata
Pengantar.................................................................................................... iii
Daftar Isi............................................................................................................. vii
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang...................................................................... 1
1.2
Tujuan Magang...................................................................... 1
1.3
Tujuan Pembuatan Laporan................................................... 2
1.4
Sejarah Singkat Perusahaan................................................... 2
1.5 Penempatan
Selama Magang................................................. 3
BAB II TEMPAT MAGANG
2.1 Pekerjaan di Tempat
Magang................................................ 5
2.2 Faktor Pendukung ................................................................ 5
2.3 Faktor Penghambat............................................................... 6
BAB III TEMUAN
3.1 Manfaat yang
dirasakan........................................................ 7
3.2 Pengembangan/Tindak
Lanjut............................................... 7
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan............................................................................ 8
4.2 Saran-saran............................................................................ 8
Lampiran-Lampiran
5.1
RekapitulasiKegiatan…………………………………….11
5.2 Foto………………………………………………………22
LAMPIRAN-LAMPIRAN
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Dalam rangka menyongsong
era globalisasi, pengetahuan dan keterampilan para tenaga kerja perlu
ditingkatkan dan dikembangkan agar
memenuhi tuntunan pengembangan serta perkembangan ilmu pengetahuan dan
Teknologi yang akan datang dan menjadi Prioritas didalam yaitu peningkatan SDM.
Untuk
memenuhi tuntunan tersebut di Sekolah Menengah Kejuruan Darul Istiqamah Barabai
melaksanakan salah satu program berupa Pendidikan Sistem Ganda ( PSG ) dalam
bentuk Prakltek Industri ( Magang ) bagi siswa didik untuk memantapkan
kemampuan peserta, kami diterjunkan untuk mengikuti latihan ditempat kerja atau
Magang, agar peserta latihan mendapat ilmu dan pengalaman bekerja sebagaimana
karyawan/karyawati yang bekerja pada Perusahaan/Instansi.
Tahun
2010 SMK Darul Istiqamah kembali menyelenggarakan magang siswa yang
dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2010 sampai dengan 3 Oktober 2010.
1.2 Tujuan
Magang
Tujuan
dari pelaksanaan Magang antara lain :
a.
Untuk menyelesaikan program pelatihan atau kursus dan
mendapatkan Sertifikat Kelulusan yang
diberikan oleh Sekolah Menengah Kejuruan kelas jauh Darul Istiqamah Barabai.
b.
Mendapatkan pengalaman kerja
c.
Menerapakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh
di Sekolah Menegnah Kejuruan.
d.
Mengembangkan dan memantapkan sikap PROFESIONAL serta
memperluas pengetahuan sebagai bekal masuk dunia kerja.
e.
Memberikan pengalaman kepada penulis dalam menghadapi
permasalahan yang ada di dunia kerja sebagai pelatihan dan dorongan agar saya dapat
bersikap lebih teliti dalam mencari pemecahan yang baik.
1.3 Tujuan
Pembuatan Laporan
a. Mengumpulkan data-data guna
kepentingan pribadi dan Sekolah Menengah Kejuruan.
b. Penulis mampu memahami,
mengembangkan dan menerapkan hasil laporan.
c. Sebagai dokumen pribadi, apabila
suatu saat diperlukan.
d.Menambah pembendaharaan Sekolah
Menengah Kejuruan, guna menunjang pengetahuan peserta pelatihan atau kursus
berikutnya.
1.4 Sejarah
Singkat Kantor Camat
Pada Tahun 1992 Kantor Camat
Tanta Kabupaten Tabalong Wilayah Kalimantan Selatan, yang bertempat di Jalan
Pembangunan 01 RT 03 Desa Tanta, merupakan sebuah Kecamatan yang awalnya
terdiri dari 23 Desa. Maka pada Tahun 1994 diadakannya regrouping atau
perampingan Desa oleh Pihak Kecamatan, sehingga Kecamatan Tanta terdiri dari menjadi
14 Desa hingga sekarang.
Adapun 14 Desa tersebut adalah :
1.
Tanta
2.
Tanta Hulu
3.
Mangkusip
4.
Luk Bayur
5.
Padangin
6.
Walangkir
7.
Pulau Ku’u
8.
Tamiyang
9.
Padang Panjang
10. Mueung
Baru
11. Warukin
12. Barimbun
13. Puain
Kanan
14. Pamarangan
Kanan
Adapun luas Wilayah Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, adalah ±172,10
km persegi, dan jumlah Seluruh Rukun Tetangga terdiri dari 77 Rukun Tetangga,
dan jumlah Penduduk 8.126 orang dan
jumlah seluruh penduduk perempuan 8.138
orang, maka jumlah seluruh penduduk yang terdapat di kecamatan tanta jumlahnya
16.264 orang.
Adapun jumlah seluruh sekolah yang terdapat di
wilayah Kecamatan Tanta, jumlahnya sekitar 41 sekolah, dan jumlah Mesjid, Langgar
dan Gereja yang terdapat di Kecamatan Tanta jumlahnya sekitar 66, terdiri dari 21
Mesjid, 40 Langgar dan 5 Gereja.
Adapun Struktur atau Susunan
Unit atau Bagian yang terdapat di Kanto Camat Tanta Kabupaten Tabalong, terdiri
dari CAMAT sebagai Atasan, SEKCAM sebagai Sekretaris Camat, KASI PEMERINTAHAN yang bertanggung
jawab dalam Pemerintahan dan Perkembangan Desa, KASI PEMBANGUNAN yang bertanggung jawab dalam Pembangunan dalam wilayah
Kecamatan Tanta, KASI TRANTIB yang
bertanggung jawab dalam Keamanan Desa, KASI KESRA yang bertanggung jawab dalam
Kesejahteraan Rakyat, KASI KEUANGAN yang
bertanggung jawab dalam Pengaturan Keuangan, dan KASI UMUM atau KEPEGAWAIAN
yang mengatur Administrasi Kepegawaian dan Umum.
Jadi Kantor Camat Tanta Kabupaten
Tabalong sampai sekarang terdiri dari 14 desa.
1.5 Penempatan
Selama Magang
Dalam melaksanakan suatu tugas,
kita harus teliti dan lebih berhati-hati agar
apa yang kita kerjakan dapat selesai sesuai harapan. Penulis
melaksanakan magang di Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong 2 bulan 10 hari
kalender, yaitu terlaksana dari tanggal 26 Juli 2010 s/d 3 Oktober 2010.
Selama penulis melaksanakan magang,
penulis banyak sekali mendapat pengalaman yang baru dan penulis dapat
melaksanakan teori yang diajarkan saat di sekolah dengan mempraktekan dari
tugas-tugas yang penulis dapatkan dari Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong,
khususnya di bagian pemerintahan.
Adapun beberapa aktivitas yang penulis
kerjakan selama melakukan Praktek Kerja Lapangan antara lain :
1.
Mengetik nama-nama Aparat Desa Tanta, dan
mengurutkannya sesuai strukturnya, yang mana strukturnya itu terdiri dari,
Kepala Desa, Sekretaris Desa (SEKDES),Kasi Pemerintahan, Kasi Pembangunan, Kasi
Kesra, Kaur Umum dan Kaur Keuangan.
2.
Menulis Mengetik Inventaris Barang, yang mana di
dalamnya terdapat Jenis barang yang dibeli, Jumlah barang, Harga satuan dan
Harga jumlah.
3.
Membuat Laporan Harian dan Bulanan Camat, Kasubag Umum
dan Kasuabg Keuangan pada Microsoft Office Excel.
4.
Mengetik Daftar Pengadaan Barang (Belanja dan Barang
Pakai Habis) pada Microsoft Office Excel.
5.
Mengregester Akte Kelahiran yang ada di Kecamatan Tanta
Kabupaten Tabalong, pada bagian Pemerintahan.
6.
Mengetik Surat Pengantar Rukun Tetangga I,II,III,IV,
dan V pada Microsoft Office Word.
7.
Mengetik Laporan Triwulan Tentang : Penerimaan dan
Pengeluaran Barang (Pakai Habis) Triwulan I dan II, pada Microsoft Office
Excel.
8.
Mengetik Daftar Pengadaan Barang (Belanja Dan Brang
Pakai Habis) Semester I (Satu).
BAB II
TEMPAT MAGANG
2.1 Pekerjaan
di Tempat Magang
Tugas
Bagian Pemerintahan Pada Camat Tanta Kecamatan Tabalong :
a.
Membidangi masalah Desa
b.
Memberi pelayanan kepada Masyarakat tentang masalah
KTP.
c.
Memberikan pelayanan kepada Masyarakat tentang masalah
Akte Kelahiran.
d.
Memberikan pelayanan kepada Masyrakat tentang masalah
Akte Kematian.
e.
Memberikan pelayanan kepada Masyarakat tentang masalah
Akte Perpindahan Penduduk.
f.
Monituring atau mengontrol masalah Desa.
g.
Perencanaan pembuatan PT-APD (Penghasilan Tetap-Aparat
Pemerintahan Desa).
h.
Membuat rancangan pembuatan peraturan Desa (PERDES)
i.
Membuat rancangan keuangan Desa
j.
Membuat rancangan pembuatan dana ADD (Anggaran Dana
Desa)
k.
Membuat SPJ (Surat Pertanggung Jawaban Keuangan)
Faktor Pendukung dan Penghambat
Faktor pendukung yang penulis dapatkan selama
magang adalah sebagai berikut :
a)
Adanya bahan dan alat yang dibutuhkan.
b)
Adanya guru pembimbing yang ramah dan baik, yang siap membimbing
juga menjelaskan apa-apa yang belum diketahui oleh siswa yang melaksanakan
magang.
c)
Terciptanya rasa kekeluargaan yang harmonis antara
karyawan karena kerjasama yang baik.
d)
Adanya fasilitas tambahan untuk menenangkan pikiran
apabila karyawan telah selesai melaksanakan tugasnya masing-masing.
e)
Adanya pencahayaan yang baik untuk mata yang mana
cahaya tersebut tidak membuat mata silau ataupun kabur, sehingga sangat
mendukung dalam pelaksanaan tugas.
Dan
tentang factor penghambat bagi penulis adalah :
a)
Pada awal magang penulis mengalami kesulitan, karena
kurang memahami tata cara Mengregester Akte Kelahiran.
b)
Pertama ada rasa canggung yang dirasakan oleh penulis
di kantor, karena penulis harus terlebih dahulu mengenali orang-orang baru di
sekitarnya dan beradaptasi dengan lingkungan kantor.
BAB III
TEMUAN
3.1 Manfaat Yang dirasakan
Selama magang tugas akhir ini, ada beberapa manfaat yang dirasakan
oleh penulis, yaitu :
1.
Adanya pengetahuan
baru yang didapat ketika melakukan proses pekerjaan di Kantor Camat
Tanta Kabupaten Tabalong Wilayah Kalimantan Selatan.
2.
Dapat merasakan
bagaimana suasana kerja di kantor yang sebenarnya, sehingga dapat
menjadi cikal bekal bagi penulis kelak
3.
Kerjasama yang baik dalam suatu pekerjaan dapat membuat
pekerjaan yang sulit akan menjadi terasa ringan dan lebih mudah dikerjakan.
4.
Adanya semangat pada diri masing-masing karyawan dalam
bekerja, sehingga memotivasi penulis untuk lebih semangat dalam meraih
cita-cita
5.
Kedisiplinan dan ketaatan pada aturan kantor dapat
memupuk karakteristik penulis untuk menjadi orang yang bisa menghargai waktu.
3.2 Pengembangan
/ Tindak Lanjut
Setelah menjalani secara langsung terjun ke dunia kantor, siswa harus
membuat laporan pelaksanaan magang sebagai pertanggung jawaban yang telah
ditetapkan.
Sebagai
tindak dari pelaksanaan magang, maka penulis berusaha memaksimalkan tulisan
pelaksanaan magang agar siswa Praktek Kerja Lapangan selanjutnya dapat
mengambil pelajaran dari pengalaman penulis.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Dalam penyajian Bab
terakhir ini penulis mengambil beberapa kesimpulan yaitu :
a.
Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong Wilayah
Kalimantan Selatan, merupakan sebuah kecamatan yang awalnya terdiri dari 23
desa, setelah diadakannya regrouping atau perampingan desa, sehingga kecamatan
Tanta terdiri menjadi 14 desa.
b.
Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong Wilayah Kalimantan
Selatan, yang bertempat di jalan Pembangunan nomor 01 RT 3 Tanta.
c.
Dapat mengetahui tugas-tugas atau pekerjaan di Kantor
Camat Tanta Kabupaten Tabalong khususnya pada bagian Pemerintahan seperti
mengregester akte, mengregester KTP dan Kegiatan yang ada hubunganya dengan
masyarakat desa.
d.
Mengetahui sejarah singkat mengenai Kecamatan Tanta
Kabupaten Tabalong Wilayah Kalimantan Selatan.
4.2 Saran-saran
Kantor
Camat Tanta Kabupaten Tabalong
Berdasarkan praktek
kerja lapangan, penulis ingin memberikan beberapa saran yang diharapkan dapat
memberikan manfaat bagi Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong dalam menjalankan
tugas dan kewajiban selaku penyedia sumber tenaga listrik yakni sebagai berikut
:
Penulis
berharap agar Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong, menjadwalkan penggantian
hardware dan software computer dengan yang lebih bermuto, sebaiknya kalau
memungkinkan mengupgrade software dan mengupdate antivirus yang handal secara
berkala supaya lebih mempercepat proses pekerjaan.
Sebaiknya
Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong lebih meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat
terutama Masyarakat lama dalam upaya menjaga hubungan baik terhadap Masyrakat tersebut.
Penulis
mengharapkan dengan adanya hubungn baik antara Kantor Camat Tanta Kabupaten
Tabalong dengan SMK Darul Istiqamah Barabai agar dapat memudahkan Praktek Kerja
Lapangan untuk siswa akan datang.
SMK Darul Istiqamah Barabai
Dalam hasil praktek
kerja lapangn ini dapat penulis kemukakan saran untuk SMK
Darul Istiqamah Barabai sebagi berikut :
Sebaiknya
SMK Darul Istiqamah Barabai menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan atau
instansi tertentu sehingga dapat memudahkan siswa didiknya dalam mencari tempat
untuk Praktek Kerja Lapangan (PKL), khususnya pada jurusan Multimedia.
Sebaiknya
siswa diberi waktu tambahan pelajaran komputer dan lebih diawasi oleh guru
pembimbing, agar siswa benar-benar fokus terhadap hal yang dipelajari.
Akan
lebih baik jikalau SMK Darul Istiqamah Barabai memilihkan tempat untuk magang
atau memberitahu tentang perusahaan atau instansi mana yang cocok untuk jurusan
Multimedia.
Sebaiknya
sebelum melaksanakan Praktek Kerja Lapangan para sisiwa terlebih dulu diberikan
Pembekalan Praktek agar siswa lebih mengetahui apa sebenarnya Praktek Kerja
Lapangan (PKL) atau Magang.
Akan
lebih baik apabila tenaga pengajar dalam bidang pelajaran KKPI dan Produktif
ditambah, agar komunikasi antara pengajar dan siswa tidak merasa jenuh karena
cara penyampaian pembelajaran tentu berbeda.
Pada masa sekarang ini Ilmu Pengetahuan Dan
Teknologi sudah sangat pesat jadi alangkah lebih baik jika sarana dan prasarana
praktek atau pelatihan agar lebih diperhatikan. Karena faktor tersebut sangat
berpengaruh dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan serta memantapkan
kemampuan peserta Magang.
Dengan
fasilitas komputer yang baru ini penulis berharap kepada seluruh pemakaian
supaya lebih menjaga fasilitas tersebut.
REKAPITUALASI KEGIATAN SISIWA PRAKTEK
NAMA :
MAYA RISNATI
NIS :
TEMPAT PRAKTEK : Kantor Camat Tanta Kabupaten Tabalong
BAGIAN/UNIT : Kasi
Pemerintahan
Catatan
Kegiatan Siswa :
No.
|
Hari/Tanggal
|
Bagian/Unit
|
Uraian
|
Paraf
|
1.
|
Senin,
26
Juli 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
»
Perkenalan dengan seluruh Staf
Karyawan/ti Kantor Camat Tanta.
»
Pengarahan dari Camat Tanta.
»
Pengarahan dari Kasi
Pemerintahan.
»
Mengarsip Akte Kelahiran.
»
Mengregester Akte Kelahiran
Kecamatan Tanta.
»
Mengetik Data Aparat Pemerintahan
Desa Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, pada Microsoft Office Excel.
|
|
2.
|
Selasa,
27 Juli 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
»
Mengetik Data Aparat Pemerintahan
Desa Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, pada Microsoft Office Excel.
|
|
3.
|
Rabu,
28
Juli 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
»
Mengetik Keterangan Surat Waris,
Microsoft office Word.
»
Memprint Keterangan Surat Waris.
»
Mengetik Data Aparat Pemerintahan
Desa Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, pada Microsoft Office Excel.
»
Memprint Data Aparat pemerintahan
Desa Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong.
»
Menyusun Data Aparat Pemerintahan
Desa Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong.
|
|
4.
|
Kamis,
29
Juli 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
»
Penyelesaian Pengetikan Data
Aparat Pemerintahan Desa Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, padda Microsoft
Office Excel.
»
Meregester Akte Kelahiran
Kecamatan Tanta
|
|
5.
|
Jum’at,
30
Juli 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
»
Mengregester KTP
|
|
6.
|
Sabtu,
31
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Libur
|
|
7.
|
Minggu
01
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Libur
|
|
8.
|
Senin,
02
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengikuti
Apel di Kecamatan Tanta.
» Mengregester
KTP.
|
|
9.
|
Selasa,
03
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Izin
|
|
10.
|
Rabu,
04
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Izin
|
|
11.
|
Kamis,
05
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Izin
|
|
12.
|
Jum’at
06
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Gotong
Royong
|
|
13.
|
Sabtu,
07
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Libur
|
|
14.
|
Minggu,
08
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Libur
|
|
15.
|
Senin,
09
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengikuti
Apel di Kecamatan Tanta
» Mengetik
SKPD Kecamatan Tanta, pada Microsoft Office Excel.
» Memprint
SKPD Kecamatan Tanta.
|
|
16.
|
Selasa,
10
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengetik
Inventaris Barang, pada Microsoft Office Excel.
» Mengregester
Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.
|
|
17.
|
Rabu,
11
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Memperbaiki
Data Aparat Pemerintahan Desa Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong, pada
Microsoft Office Excel.
» Mencatat
Rekapitulasi Buku Inventaris Barang.
|
|
18.
|
Kamis,
12
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengetik
Kartu Inventaris Barang (KIB), pada Microsoft Office Excel.
» Mengregester
Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.
|
|
19.
|
Jum’at,
13
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Penyelesaian
Pengetikan Kartu Inventaris Barang (KIB), pada Microsoft Office Excel.
» Mengregester
Akte Kelahiran Kecamatan.
|
|
20.
|
Sabtu,
14
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Libur
|
|
21.
|
Minggu,
15
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Libur
|
|
22.
|
Senin,
16
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengikuti
Apel di Kecamatan Tanta.
» Mengregester
Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.
» Mengetik
Daftar Pengadaan Barang (Belanja dan Barang Pakai Habis) Semester I pada
Microsoft Office.
|
|
23.
|
Selasa,
17
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Libur
17 Agustus
|
|
24.
|
Rabu,
18
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengregester
Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.
|
|
25.
|
Kamis,
19
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Izin
|
|
26.
|
Jum’at,
20
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Izin
|
|
27.
|
Sabtu,
21
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Libur
|
|
28.
|
Minggu,
22
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Libur
|
|
29.
|
Senin,
23
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengregester
Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.
» Memprint
SKPD Kecamatan Tanta.
» Memprint
Data Aparat Pemerintahan Desa Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong.
» Memprint
Daftar Pengadaan Barang (Belanja dan Barang Pakai Habis) Semester I (Satu).
|
|
30.
|
Selasa,
24
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengregester
Akte Kelahiran Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong.
» Mengregester
KTP.
|
|
31.
|
Rabu,
25
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengregester
Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.
» Memprint
Kartu Inventaris Barang (KIB).
» Mengetik
Rencana Anggaran Belanja (RAB), pada
Microsoft Office Excel.
|
|
32.
|
Kamis,
26
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Memprint
Kartu Inventaris Barang (KIB).
» Mengetik
Surat Pernyataan, pada Microsoft Ofice Word.
» Mengetik
Rencana Anggaran Belanja (RAB), pada
Microsoft Office Excel.
|
|
33.
|
Jum’at,
27
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengregester
Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.
» Mengetik
Surat Keterangan Catatan Kepolisian, pada Microsoft Office Word.
» Memprint
Daftar Pengadaan Barang (Belanja dan Barang Pakai Habis) Semester I (Satu).
|
|
34.
|
Sabtu,
28
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Libur
|
|
35.
|
Minggu,
29
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Libur
|
|
36.
|
Senin,
30
Agustus 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengetik
Despensi Nikah, pada Microsoft Office word.
» Mengetik
Surat Keputusan Kepala Desa , pada Micosoft Office Word.
|
|
37.
|
Selasa,
31
September 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengetik
Lapran Triwulan Tentang : Penerimaan da Pengeluaran Barang (Pakai Habis)
Triwulan I dan II, pada Microsoft Office Excel.
» Mengetik
Kartu TIK, pada Microsoft Office Excel.
» Mengetik
Rencana Anggaran Belanja (RAB), pada
Microsoft Office Excel.
|
|
38.
|
Rabu,
01
September 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengetik
Daftar Tanda Tunjangan BPD Desa, pada Microsoft Office Excel.
» Memprint
Daftar Tanda Tunjangan BPD Desa.
|
|
39.
|
Kamis,
02
September 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengetik
Daftar Pengadaan Barang (Belanja dan Barang Pakai Habis) Semester I pada
Microsoft Office.
» Memprint
Daftar Pengadaan Barang (Belanja dan Barang Pakai Habis) Semester I (Satu).
» Mengetik Laporan Alat-Alat Rumah Tangga,pada
Microsoft Office Excel.
|
|
40.
|
Jum’at,
03
September 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengetik
Lapran Triwulan Tentang : Penerimaan da Pengeluaran Barang (Pakai Habis)
Triwulan I dan II, pada Microsoft Office Excel.
» Memprint
Laporan Triwulan Tentang : Penerimaan dan Pengeluaran Barang (Pakai Habis)
Triwulan I dan II.
» Mengregester
Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.
|
|
41.
|
Sabtu,
04
September 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Libur
|
|
42.
|
Minggu,
05
September 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Libur
|
|
43.
|
Senin,
06
September 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengetik
Laporan Kependudukan Kecamatan Tanta, pada Microsoft Office Excel.
» Mengetik
Surat Pengantar Rukun Tetangga I,II,III,IV dan V, pada Microsoft Office Word.
» Memprint Surat Pengantar Rukun Tetangga I,II,III,IV
dan V.
|
|
44.
|
Selasa-Rabu
07-15
september 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Libur
Ramadhan
|
|
45.
|
Rabu,
15
September 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengetik
Laporan Harian dan Bulanan Camat Tanta, pada Microsoft office Excel.
|
|
46.
|
Kamis,
16
September 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengetik
Laporan Kartu Inventaris Ruangan (KIR), pada Microsoft Office Excel.
|
|
47.
|
Jum’at,
17
September 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengetik
Laporan Harian dan Bulanan Kasubag Umum/Kepegawaian da Kasubag Keuangan, pada
Microsoft Office Excel.
|
|
48.
|
Sabtu,
18
September 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Libur
|
|
49.
|
Minggu,
19
September 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Libur
|
|
50.
|
Senin,
20
September 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Pengarahan
dari Kasi Pembangunan Tentang Sejarah Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong.
» Memprint
Laporan Harian dan Bulanan Kasubag Umum/Kepegawaian da Kasubag Keuangan.
|
|
51.
|
Selasa,
21
September 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengetik
Laporan Kartu Inventaris Barang (KIB), pada Microsoft Office Excel.
|
|
52.
|
Rabu,
22
September 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengetik
Laporan Kartu Inventaris Ruangan (KIR), pada Microsoft Office Excel.
» Mengetik
Laporan Kartu Inventaris Barang (KIB), pada Microsoft Office Excel.
» Memprint
Laporan Kartu Inventaris Ruangan (KIR).
» Memprint
Laporan Kartu Inventaris Barang (KIB).
|
|
53.
|
Kamis,
23
September 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengregester
Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.
» Memotocopy
Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
» Memotocopy
Laporan Alat-Alat Tulis/Kelontongan da Alat-Alat Olahraga.
» Mengetik
Laporan Bulanan Camat Tanta, pada Microsoft Office Excel.
|
|
54.
|
Jum’at,
24
September 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengetik
Laporan Bulanan Camat Tanta, pada Microsoft Office Word.
» Memprint
Laporan Bulanan Camat Tanta.
|
|
55.
|
Sabtu,
25
September 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Libur
|
|
56.
|
Minggu,
26
September 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Libur
|
|
57.
|
Senin,
27
September 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengetik
Laporan Bulanan Camat Tanta, pada Microsoft Office Word.
» Mengetik Foto Fisik Jalan Perkebunan Desa Tanta,
pada Microsoft Office Word.
» Mengetik
Foto Fisik Rencana Pembangunan Kantor Kepala Desa Tanta (Kecamatan Tanta),
pada Microsoft Office Word.
» Mengetik
Surat Perintah Tugas Kepala Desa Pulau Ku’u, pada Microsoft Office Word.
» Mengregester
Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.
» Membuat
Coper Permohonan Perkerasan Jalan Perkebunan, pada Microsoft Office Word.
» Memprint
Coper Permohonan Peerkerasan Jalan Perkebunan.
» Memprint
Surat Perintah Tugas Kepala Desa Pulau Ku’u.
» Memprint
Foto Fisik Jalan Perkebunan Desa Tanta dan Foto Fisik Rencana Pembangunan
Kantor Kepala Desa Tanta (Kecamatan Tanta).
» Mengetik
Surat Perintah Tugas Kepala Desa Tamiyang.
» Memprint
Laporan Bulanan Camat Tanta.
» Mengetik
Surat Keterangan Permohonan Membuka
Rekening Bank, pada Microsoft Office Word.
» Memprint
Surat Keterangan Permohonan Membuka
Rekening Bank.
» Memprint
Surat Tugas Kepala Desa Tamiyang.
|
|
58.
|
Selasa,
28
September 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Mengetik
Surat Permohonan Perkerasan Jalan Keperkebunan, pada Microsoft Office Word.
» Memprint
Surat Permohonan Perkerasan Jalan Keperkebunan
|
|
59.
|
Rabu,
29
September 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Meregester
Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.
» Mengetik
Laporan Perjalanan Dinas, pada Microsoft Office Word.
» Memprint
Laporan Perjalanan Dinas.
|
|
60.
|
Kamis,
30
September 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Membuat
Coper Proposal Jembatan Baru, pada Microsoft Office Word.
» Memprint
Coper Proposal Jembatan Baru, pada Microsoft Office Word.
» Memprint
Laporan Permohonan Pembuatan Jembatan.
» Mengetik
Laporan Kependudukan Kecamatan Tanta Bulan Juli dan Agustus 2010, pada
Microsoft Office Excel.
» Memprint
Laporan Kependudukan Kecamatan Tanta Bulan Juli dan Agustus 2010.
|
|
61.
|
Jum’at,
01
Oktober 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Meregester
Akte Kelahiran Kecamatan Tanta.
» Mengetik
Rekomondasi PT.PLN, pada Microsoft Office Word.
» Memprint
Rekomondasi PT.PLN.
» Mengetik
Laporan Kependudukan Kecamatan Tanta Bulan September, pada Microsoft Office
Excel.
» Memprint
Laporan Kependudukan Kecamatan Tanta Bulan September
|
|
62.
|
Sabtu,
02
Oktober 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
»
Libur.
|
|
63.
|
Minggu,
03
Oktober 2010
|
Kasi
Pemerintahan
|
» Libur.
|
Mengetahui,
Siswa Peserta Praktek
Pembimbing Dunia Usaha
YUHYI
REZA,S.IP MAYA RISNATI
FOTO -
FOTO
Add caption |
Komentar
Posting Komentar